banner ad Startup UIN

Energi Asia Relawan Asian Games 2018

Yang nulis on di Event External Kampus, Mahasiswa, UIN Jakarta | Sep 22, 2018 | 0 Komentar

Perhelatan Asian Games 2018 memang telah usai. Namun Energi Asia yang diusungnya tak akan padam. Selain dipenuhi dengan cerita keberhasilan para atlet memenangi pertandingan dan meraih medali, ada cerita lain yang tak kalah menarik.

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Ubaidi 02

 

Cerita itu muncul dari para relawan (volunteer). Berawal dari seleksi yang cukup ketat untuk terpilih, hingga dengan penuh rasa bangga bisa menjadi bagian dari sejarah. Mereka menjadi Energi Asia bagi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Nurul 02

 

Dimulai dengan seleksi administrasi, mereka yang lolos kemudian harus mengikuti tes psikologi dan Focus Group Discussion. Tidak sampa di situ, mereka juga mengikuti berbagai pelatihan. Seperti pelatihan nilai-nilai olahraga, communication skill, interpersonal skill, etiquette, pariwisata dan budaya, serta Job Specific Training. Mereka dididik untuk menjadi relawan standar internasional.

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Priska 02

 

Setiap relawan dibagi ke beberapa departemen sesuai dengan tugas yang diemban mereka. Setiap hari, mereka menghadapi ribuan orang bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri. Ditambah, banyak juga di antaranya yang tidak terlalu paham bahasa Inggris. Terkadang sampai harus berkomunikasi dengan bahasa tubuh, atau syukur-syukur pakai Google Translate.

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Radhina 02

 

Walau banyak permasalahan yang dihadapi oleh para relawan, tapi mereka tidak patah semangat. Berbekal visi yang sama sebagai representasi bangsa Indonesia, mereka tetap berjuang untuk menyukseskan perhelatan Asian Games 2018.

Berikut ini beberapa kisah para relawan selama perhelatan. Khususnya, relawan yang merupakan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Radhina 01

“Hmm semua momen itu berharga. Tapi special moment buatku when I can’t go to Gelora Bung Karno to watch the closing ceremony. Aku harus melaksanakan tugas yang diemban, dan berlokasi di Hotel Veranda. Ketika itu aku harus menunggu dan memastikan perjalanan seseorang yang akan ke Dubai (kota masa depanku!).”

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Nurul 01

“Seneng banget karena bisa bertemu Sandiaga Uno ketika Job Specific Training. Kemudian melalui kegiatan relawan ini aku jadi tau olahraga sailing. Bahkan kita bisa bertegur sapa secara langsung dengan atlet.”

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Priska 01

“Yang gak terlupakan itu saat diomelin orang Korea dan Jepang yang gak bisa bahasa Inggris. Panik banget! Untung bisa pake Google Translate (yang Jepang), dan ada orang Korea lainnya yang datang untuk bantuin translate dari Korea ke Inggris. Ketika closing ceremony, sampe harus basah-basahan di ticket box untuk mengatur penonton yang masuk ke venue.”

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Ubaidi 01

“Unforgetable moment itu banyak. Salah satunya saat-saat gua ngobrol sama atlet, ITO atau lainnya, gua bisa mengaplikasikan english skill secara langsung. First time ever ketika ngomong bahasa Inggris gak ada yang nyinyirin dengan bilang ‘sok Inggris’ atau apalah. Dan magically, gua bisa ngomong ceplas-ceplos english sama mereka udah kayak temen sendiri.”

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Nadya 01

“Aku kan bertugas untuk gate control di Gelora Bung Karno untuk VIP dan VVIP. Pernah saat bertugas, tiba-tiba dari samping dihampiri oleh Ketua INASGOC Erick Thohir. Beliau bertanya, ‘Gimana, lancar? Sukses?’ Padahal ketika itu kita sedang istirahat makan. Langsung deh berhenti makan, dan yang tadinya sepi akhirnya rame untuk foto-foto.”

 

Energi Asia Relawan Asian Games 2018 Nadya 02

 

Keren banget ya! Itulah beberapa cerita dari temen-temen UINers sebagai relawan Asian Games 2018. Bangga banget bisa jadi bagian dari sejarah, bertemu dengan banyak relasi dari berbagi kalangan, melatih team work untuk membantu satu sama lain, dan macam-macam lagi deh.

Yuk gelorakan selalu, Energi Asia!

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top