banner ad Startup UIN

Pionir Muda: Solusi Mahasiswa Muda untuk Mengembangkan Diri

Yang nulis on di Featured, Mahasiswa, News, Pojok Komunitas, UIN Jakarta | Sep 24, 2018 | 0 Komentar

Manusia sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan  manusia lainnya, maka dari itu  sudah semestinya bahwa manusia dapat  bertemu dengan lingkungan/situasi baru, begitupun dengan orang-orang baru. Adanya interaksi sosial ini, tidak jarang menimbulkan perbedaan, tekanan, dan tantangan.

Tahukah kamu bahwa pengembangan diri atau yang dikenal sebagai self-development/personal development merupakan salah satu faktor penting bagi individu untuk lebih siap dalam  menjalani kehidupanya, baik dalam kegiatan di kampus, organisasi, menjalin relasi, dan bahkan dalam mengatur diri sendiri (self-management).

Dikutip dari Oxbridge Academy, self-development merupakan suatu proses untuk mengembangkan diri dalam berbagai hal (pendidikan, karir, personal life) dengan cara membuat perencanaan tujuan (goals) serta membuat langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut dan self-development dapat membantu individu untuk menangani perubahan-perubahan di lingkungan serta berbagai macam tantangan.

Menariknya, menurut Andika Deni Prasetya, S.Psi (Founder Hardfun Education) bahwa self-development adalah tujuan utama hidup. Jika ditinjau dari sudut pandang agama, tugas utama kita sebagai manusia adalah untuk “berkembang”, dimulai dari tahap belajar, memahami, dan implementasi.

Ditinjau dari sudut pandang evolusi, yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya, peradaban kita satu-satunya yang berkembang, karena itu dasar kita “berkembang”. Jadi, ketika seorang manusia masuk ke suatu kondisi dimana dia berhenti untuk belajar dan menerapkan hal baik baru dalam hidupnya, bisa dibilang dia berhenti jadi manusia.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas cukup membuat kita yakin bahwa memang tujuan utama kita adalah untuk mengembangkan diri menjadi individu yang lebih baik lagi, itulah mengapa self-development sangat penting.

 

Pionir Muda Solusi Mahasiswa Muda untuk Mengembangkan Diri 01

 

Memangnya dalam pengembangan diri itu apa sih yang kita pelajari? Pertama, kamu akan belajar bagaimana menjadi individu yang percaya diri atas segala kemampuan yang kamu punya, dengan melatih diri kamu dalam membuat keputusan, mengasah keterampilan (skills) yang kamu miliki akan membuat kamu menjadi individu yang lebih percaya diri.

Kedua, self-development  juga sangat dekat kaitannya dengan  kepedulian diri (self-awareness), melalui proses pengembangan diri kamu akan tahu dan lebih mengenal diri sendiri, kamu bisa memahami “nilai-nilai” serta tujuan hidupmu.

Dengan mengenal diri, kelebihan dan kekurangan dapat membantu kamu untuk meminimalisir kekurangan dan mengoptimalkan kelebihan (potensi) yang kamu punya.

Setiap individu tentu lahir dengan berbagai macam potensi, ada yang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, penulis, pendidik, pembicara, ilmuwan, dan masih banyak potensi lainnya.

Tidak hanya belajar untuk meningkatkan potensi diri sendiri, namun bagaimana potensi yang kamu punya juga bisa berdampak positif serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Tentu saja untuk mewujudkannya, potensi-potensi tersebut sangat perlu diasah untuk dioptimalkan.

Nah teruntuk kamu mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta semester 1 (angkatan 2018) tak perlu bingung lagi untuk mencari platform guna mengembangkan dirimu. Program Pionir Muda yang diinisiasi oleh PT. Maxima Business Solution hadir pertama kalinya di kampus tercinta untuk mengakselerasi kemampuanmu dalam berjejaring dan kepemimpinan.

Kamu akan belajar dan memiliki pengalaman dalam bidang self-management, life plan, critical thinking, problem solving, people management, public speaking, personal branding, networking for social impact, dan masih banyak lagi!

Untuk kamu yang penasaran dan ingin menjadi salah satu dari 30 delegasi terpilih yang akan bergabung dengan delegasi dari UI, IPB, UNJ, PNJ, Polimedia, dan Poltek APP; kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di Instagram @pionirmuda.uinjkt dan melakukan registrasi online sampai dengan tanggal 26 September 2018.

 

Pionir Muda Solusi Mahasiswa Muda untuk Mengembangkan Diri 05

 

Adapun tahap-tahap untuk menjadi delegasi Pionir Muda sebagai berikut:

  • Melakukan registrasi secara online di website maxima.id/pionirmuda
  • SIlakan baca dan pahami langkah-langkah yang tertera di website
  • Peserta wajib meng-upload twibbon serta mengikuti 2 online course (Desain Ulang Masa Depanmu dan Komunikasi Asertif, Anti Baper!)
  • Seleksi dokumen oleh panitia
  • Wawancara (1-3 Oktober 2018)
  • Pengumuman 30 Delegasi Terpilih yang akan mengikuti Studium General pada 7 Oktober 2018 bersama delegasi Universitas dan Politeknik lainnya.
  • Offline course yang akan diadakan di kampus masing-masing (rentang waktu 7 Oktober – 17 November 2018)
  • Group Assignment (7 Oktober – 17 November 2018)
  • Leadership Camp (24 – 25 November 2018)

 

Sungguh kesempatan yang luar biasa bukan? Untuk registrasi, online course di elearn.id/course, dan studium general, tidak dipungut biaya. So, tunggu apalagi? Yuk ambil peranmu bersama Pionir Muda!

Accelerate your network and maximize your potential ! 

(Artikel ini merupakan kiriman dari Fayna Faradiena)

Tags: ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top