banner ad Startup UIN

EKSPRESI 2018, Siapkan Aktivis Dakwah Masa Kini Kampus UIN Jakarta

Yang nulis on di Mahasiswa | Okt 15, 2018 | 0 Komentar

Assalamualaikum, UINers! Untuk yang kedua kalinya aku mengikuti kegiatan EKSPRESI. Tapi, keikut sertaan aku bukan jadi peserta lah, ya wkwkwkwk

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Syahid (LDK Syahid) kembali menyelenggarakan perekrutan anggota baru. Pelaksanaa acara perekrutan LDK Syahid yang dinamai Eksplorasi Potensi Diri Islami (EKSPRESI) pada Jumat-Ahad, 12-14 Oktober 2018 di Villa Cibulan, Batulayang, Bogor.

Ekspresi yang bertemakan “Evolutor, Revolutor, Agent of Change” Semangat Generasi Rabbani, Penerus Dakwah Masa Kini diikuti oleh sekitar 330 Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nah, pemateri-pemateri kecenya antara lain; Ustaz Sigit Kamseno, S.Ag, Kasubag SI dan Humas Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama Islam; Kak Toni Prabowo, Sekretaris Umum Pusat Komunikasi Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Indonesia (Puskomnas FSLDK Indonesia), TIM Khusus Kaderisasi SALAM Universitas Indonesia 20, dan Ketua Dewan Pertimbangan FUKI Fasil Komunikasi UI 2016; Ustaz Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M. Hum, Peneliti Insist dan penasihat Jejak Islam Untuk Bangsa; dan terakhir Ustaz Aang Kunaifi, S.T., M.Si, Trainer Kepemimpinan, Keorganisasian Kepemudaan, Pengembangan Diri, dan Politik Ketahanan Nasional.

Materi pertama yang disampaikan Kak Toni Prabowo buat aku sih penting banget, ya. Jadi mengingatkan aku tentang  perjalanan hingga akhirnya aku menjadi bagian dari keluarga besar LDK Syahid akibat UKM yang satu ini memikat hati (huhuhu).

Kata Kak Toni, sebagai Aktivis Dakwah Kampus perlu untuk menciptakan lingkungan Islami di kampus. “Sebagai mahasiswa yang menjadi orang-orang strategis membangun negeri, aktivitas dakwah kampus yang tergabung di LDK memiliki peran sebagai gerbang awal seseorang untuk tertarik dan dekat dengan Islam,” tutur Kak Toni.

“Dari situ lah, akan muncul nuansa Islam yang baik sehingga orang-orang dengan nyaman bisa menunjukkan keislamannya dan mereka tidak nyaman ketika melakukan kemaksiatan.”- Kak Toni Prabowo.

Nah, kalau materi dari Ustaz Sigit sih bikin melek yang ngantuk banget! Mengenai betapa pentingnya umat Islam untuk membina dirinya dengan pembinaan yang berkelanjutan. Ustaz Sigit memberikan fakta yang terjadi di lingkungan masyarakat kita saat ini. Bagaimana kondisi umat Islam yang sangat hina dan cara memecahkan masalah pun dengan cara  hina. Oleh karena itu, Ustaz Sigit mengajak seluruh umat Islam untuk menjadi cerdas.

“Ketika kita tau tentang Islam, maka kita tau bahwa Allah itu dekat dengan kita dan kita tau pengawasan Allah terhadap kita.”- Ustaz Sigit Kamseno, S. Ag.

Tidak hanya materi saja, EKSPRESI ini terdapat pengenalan Kelas Minat Bakat yang nantinya, setelah EKSPRESI berlangsung akan ada kelas intensif. Kelas minat bakat tersebut terdiri dari Dakwah Kreatif,  Menulis, Sosial, Alquran,  Entrepreneur, dan Public Speaking.

Selain itu, terdapat mentoring, jurit malam, dan out bond. Ah, pokoknya seru banget! Aku jadi nostalgia aja gitu pas jadi Mahasiswa Baru ikut acara Open Recruitment LDK Syahid hehehe.

Alhamdulillah, sepanjang rangkaian EKSPRESI berjalan dengan baik, sampai masakan panitia konsumsi yang enak-enak hehehe. Apalagi bumbu telor merahnya nagih banget! (hahaha).

Oya, aku juga sempat menghubungi Ketua Pelaksana EKSPRESI, lho. Ferdian Rachardi namanya. Ia mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi.

Ferdian bersyukur karena EKSPRESI berjalan lancar dan memberikan kesan yang luar biasa baginya karena dapat berkenalan dengan wajah-wajah baru yang memiliki niat baik dan semangat untuk berdakwah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. “Menjadi muncul harapan kembali akan bertambahnya barisan dakwah yang terisi oleh teman-teman baru. In Syaa Allah akan selalu mengingatkan akan kebaikan-kebaikan dan akan menjadi syafaat di hari akhir,” ucap Ferdian.

Kemudian, ia berpesan kepada seluruh peserta EKSPRESI agar jangan berhenti untuk belajar menjadi baik, karena hakikatnya setiap orang itu musafir dan tempat pemberhentiannya hanya ada dua; surga atau neraka.

“Maka, manfaatkan sebaik mungkin waktu mudamu. Jika baru berhijarah, mendalami agama dan ingin lepas dari kebiasaan buruk, coba cari teman yang baik, pahami dia, kenali karakternya, dan pelajari kebiasaannya. Karena, kata Nabi salallahu alaihi wa salam, seorang mukmin itu cerminan dari mukmin lainnya,” ujar Ferdian.

“Jadikan EKSPRESI ini sebagai wadah bagi kalian untuk mengenal orang baik, kalau diri tak mampu secara maksimal untuk menjadi baik mungkin teman-teman sekitar yang bisa melengkapi kebaikanmu. Intinya, jangan pernah berhenti untuk menjadi baik di mata Allah!”- Ferdian Rachardi.

 

 

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top