banner ad Startup UIN

Inspirasi Energi Relawan Asian Para Games 2018

Yang nulis on di Event External Kampus, Mahasiswa | Okt 28, 2018 | 0 Komentar

Setelah sukses Perhelatan Asian Games 2018, pesta olahraga terbesar Asia dilanjutkan dengan Asian Para Games 2018, ajang olahraga untuk atlet disabilitas. Tentunya, kita bisa mengambil banyak pelajaran dari semangat para atlet disabilitas ya, UINers. Mereka yang memiliki semangat berprestasi karena mereka memiliki mental yang luar biasa.

 

Inspirasi Energi Relawan Asian Para Games 2018 _ Mimi 01

 

Selain kisah inspiratif dari atlet Asian Para Games, ada cerita unik lainnya lho, UINers. Cerita ini datang dari para relawan (volunteer) Asian Para Games.

Menjadi relawan Asian Para Games, mereka harus melewati tahapan seleksi yang ditempatkan ke dalam 18 divisi berbeda. Setiap divisi memiliki standar kualifikasi tersendiri yang harus dipenuhi oleh relawan. Syarat utama menjadi relawan Asian Para Games adalah berkomitmen, memiliki antusiasme yang tinggi dan mampu menjalankan tanggung jawab. Selain proses seleksi, mereka pun diberikan pelatihan dan persiapan.

 

Inspirasi Energi Relawan Asian Para Games 2018 _ Anisa Nur 02

 

Berikut ini beberapa kisah para relawan selama perhelatan. Khususnya relawan yang merupakan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kami menghimpun cerita 4 orang teman kita yang terpilih menjadi bagian dari 8000 relawan Asian Para Games 2018.

 

Inspirasi Energi Relawan Asian Para Games 2018 _ Tajdidun Nisa 01

  • Tajdidun Nisa, Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Relawan Liaison Officer International Technical Official

“Sebenarnya semua kesannya itu hampir nggak bisa dilupakan, sih. Tapi yang paling diingat sekaligus bisa diambil pelajarannya adalah waktu harus jemput tamu-tamu ke bandara. Karena sebagai LO kita nggak bisa dapet akses mobil melekat, maka untuk akses mobil ke bandara kita harus usaha sendiri. Waktu itu, setelah jemput tamu dari bandara ke hotel, aku nggak dapet mobil, sedangkan aku harus jemput 5 tamu. Karena kalau naik taksi online ongkosnya lumayan mahal, akhirnya aku liatin setiap mobil yang datang ke hotel dan aku tanyain sopirnya satu-satu, siapa yang mau ke bandara lagi. Sampai jam 2, aku nggak dapet-dapet, padahal tamu selanjutnya landing jam 3 sore. Alhamdulillah akhirnya ada sopir terakhir yang mau ke bandara dan bisa aku tumpangi. Pelajaran yang bisa diambil, ya jangan putus asa aja, when there is a will there is a way gitu deh.”

 

Inspirasi Energi Relawan Asian Para Games 2018 _ Anisa Nur 01

  • Annisa Nur, Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Relawan Helpdesk Divisi Transportasi

“Semua cerita dari pertama kali aku bertugas sampai penutupan sangat bermakna bagiku. Tapi, satu cerita yang paling bermakna adalah ketika ada pelatih dari Iran yang kocak banget! Ceritanya, dia dan rombongan atletnya lagi nunggu bis mau pulang ke wisma atlet. Selang waktu, dia mau ngasih pin, tapi kita harus nebak dulu posisi pinnya, apakah ada di tangan kanan atau tangan kirinya. Dia itu gercep banget. Alhasil, gak ada yang dapet pinnya. Tapi, dia baik banget karena akhirnya kita dikasih pin satu-satu.”

 

Inspirasi Energi Relawan Asian Para Games 2018 _ Mimi 02

  • Mimi Darwati, Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, Divisi Transportasi

“Hal yang berkesan adalah ketika bisa berinteraksi dengan atlet dari berbagai kontingen. Apalagi ketika melihat mereka yang duduk di kursi roda sembari mengalungkan medali di leher dan senyuman puas yang ia layangkan. Senyuman dari setiap atlet merupakan kebahagiaan untukku dan tim. Ada juga cerita kocak, ketika salah seorang atlet asal Kuwait sedang menunggu bis yang akan mengantar ia dan rekan-rekannya ke wisma atlet. Ia sempat tidur-tiduran di jalanan, di sekitar pick up zone dengan meneriakkan kata “tired.” Tawa pun pecah dari teman-teman yang melihat polahnya.”

 

Inspirasi Energi Relawan Asian Para Games 2018 _ Farah 02

  • Farah Fathia, Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Relawan

Farah seneng banget bisa berinteraksi sama atlet-atlet disabilitas netra yang pada jago main catur. Yang berkesan adalah ketika Farah masih diingat oleh atletnya. “Dia baru kenal aku sehari aja langsung inget suara pas ketemu lagi.”

 

Inspirasi Energi Relawan Asian Para Games 2018 _ Mimi 03

 

Keren banget ya! Itulah cerita unik dari teman-teman UINers yang relawan Asian Para Games 2018. Selain pengalaman menjadi relawan, pastinya banyak banget ya pelajaran yang dapat dipetik dari para atlet disabilitas dan tentunya bisa bikin kita banyak bersyukur.

Punya cerita inspiratif juga? Share ke kita yuk!

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang Adisti Sesaria:


rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top