banner ad Startup UIN

Aksi Enam Komika Galang Dana Palu Donggala bersama PKPU dan LDK Syahid

Yang nulis on di Mahasiswa | Okt 26, 2018 | 0 Komentar

Palu dan Donggala; dua wilayah yang terkena musbih gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 28 September 2018. Wilayah yang berada di Sulawesi Tengah ini dilanda gempa bumi sebesar 7,4 Skala Richter.

Jumlah korban terakhir menurut data badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban meninggal dunia sebanyak 2.081 jiwa, 12.568 jiwa korban luka, 214.925 jumlah pengungsi, dan Rp 15,29 triliun taksiran kerugian material.

Saudara-saudara kita di sana masih sangat membutuhkan bantuan. Berbagai instansi, organisasi,  komunitas, bahkan pribadi pun berbondong-bondong melakukan galang dana untuk Donggala dan Palu.

Tidak ketinggalan, Lembaga Dakwah Kampus Syahid (LDK Syahid) UIN Jakarta bekerja sama dengan Pos Keadilan Peduli Umat Human Initiative (PKPU Human Initiative) menggelar galang dana yang beda dari biasanya! Seringnya kan kalau galang dana dengan konser amal. Nah, kalau ini dengan pementasan Stand Up Comedy.

Pada Kamis, 25 Oktober 2018 di Teater lantai 2 Prof Aqib Suminto FIDIKOM UIN Jakarta, LDK Syahid dan PKPU mengundang enam komika UIN Jakarta di antaranya adalah; Indra Jagel, Dzawin, Mal Jupri, Bayu, Bachrul, dan Rama.

Bang Jupri, yang jadi pembawa acara Stand Up. Bukan jadi pembawa acara biasa donk, pastinya. Sambil nge-MC sambil ngelawak juga.

 

“Terima kasih kepada PKPU yang melaksanakan galang dana untuk saudara-saudara kita di Palu dan Donggala. Karena ada musibah di sana juga kita, stand up comedy diundang tampil walau cuma dengan tiket Rp 10.000. Emangnya lu mau, rumah lu kena gempa cuma dikasih sumbangan Rp 10.000?”- Bang Jupri

 

Pernah tampil stand up lucu sekali. Gue bangga donk! Ada orang EO datengin gue nanyain bayarannya. Dengan sombong gue bilang 500 ribu. Katanya, ‘Kok murah?’ kita mau ngundang Jupri’ terus gue bilang, ‘itu harga saya, mbak’. Eh, dia bales, ‘kok malah?’ sakit hati gue!”- Bang Rama

“Sinetron ‘Azab’ ini selalu berhubungan dengan pekerjaannya. Mandor azabnya kena cor-coran. Ada tukang tahu bulat matinya digoreng dadakan dikubur anget-anget. Seandainya film ‘Azab’ identik dengan pekerjaan, yang seneng itu orang pengangguran. Orang nganggur gak bisa kena azab. Emang ada judul sinetron “Orang Nganggur Terkena Azab Lowongan Pekerjaan?”- Bang Bayu

“Tuhan menguji hamba-Nya untuk meningkatkan kualitas keimanan. Kalau gak diuji gimana mau meningkatkan iman? Tau gak musibah terberat Indonesia apa? Macet! Orang Jakarta aja masuk dikit macet, padahal keluar masuk parkiran.”- Bang Bachrul

 

“Di UIN itu, kalau ada cowok yang rambutnya panjang dikeluarin dari kelas. Tapi, cewek yang pamer pakaian ketat gak di apa-apain. Kan gak adil, ya? Cowok gondrong gak melanggar syariat Islam, tapi cewek pake pakaian ketat melanggar. Jadi, kesimpulannya, buat cowok-cowok yang masih mau rambutnya panjang, solusinya adalah panjang diketatin biar gak diusir dosen.”- Bang Dzawin

“Ketia ada musibah di Indonesia setiap persimpangan lampu merah di Jakarta atau di mana pun, pasti selalu banyak orang yang minta-minta sumbangan. Nah, kita harus milih-milih mau ngasih sumbangan ke siapa. Kalau anak kampus jelas, pakai artibut almamater. Kalau ada atributnya kita nasih gak papa, akrena jelas. Aku pernah liat anak kecil ciprit pake kaos hadiah cat celana coklat bawa kardus tulisannga ‘Peduli Palu dan Donggala’. Aku curiga. Bener aja dia keceplosan, ‘Bang, Palu Donggala, bang. Belum makan, Bang’. Terus aku nanya, ‘Ini buat Palu atau buat Donggala?’ Eh, dia jawab, ‘Palu sama Donggala itu siapa, Bang?”

Wah, temen-temen, pokoknya seru banget Galang Dana Stand Up Comedy kemarin. Keenam Komika berhasil membawa suasana humor tetapi tetap pada tujuan penggalangan dana untuk saudara-saudara kita di Palu dan Donggala.

Bagi Ahmda Baydhowi, Koordinator Pos Solidaritas Umat LDK Syahid, acara penggalangan dana berjalan dengan lancar. Bahkan, peserta yang hadir jauh lebih banyak dari ekspektasi sebelumnya. “Seneng acaranya berjalan dengan lancar dan sukses, peserta yang melibihi target. Selain itu, pengisi yang menghibur dengan baik. Dan terima kasih kepada PKPU yang dapat bersinergi dengan LDK Syahid,” ucapnya.

Ia juga berharap agar acara galang dana ini dapat meringankan beban musibah yang ditanggung saudara-saudara di Palu dan Donggala.

Alhamdulillah dari acara ini terkumpul uang sebesar Rp 4.371.000 yanglangsung akan didonasikan ke Palu dan Donggala melalui PKPU Human Initiative. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah hadir membeli tiket dan menginfakkan hartanya untuk bencana di Palu dan Donggala. Semoga Allah balas dengan kebaikan yang melimpah.

 

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top