banner ad Startup UIN

Konser Gen’90 Paduan Suara Mahasiswa UIN Jakarta Sukses Bikin Nostalgia

Yang nulis on di Mahasiswa | Okt 29, 2018 | 0 Komentar

Konser tahunan Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (UKM PSM) kembali diselenggarakan. Dengan tema “Gen’90” Simfoni Nostalgia Bocah Milenial pada Ahad, 28 Oktober 2018 di Auditorium Syahida Inn Kampus 2 UIN Jakarta.

Tak ingin kelewatan #konserGen90, UIN Community memenuhi undangan malam itu. Penampilan yang super keren ini dikondakturi oleh Laja Azis Novtian Lubis. Mengingatkan kita pada lagu di tahun 90-an dan awal tahun 2000. Hayo, siapa yang nostalgia? Pasti pada pengen kembali ke masa kecil yang dimanisi oleh kartun-kartun seperti Wonderful of Disney dan Doraemon hehehe.

Selain suara yang merdu, koreografinya juga keren banget!

Sekitar 16 lagu yang dibawakan, dengan alur lagu yang berbeda-beda aku beberapa kali terbawa suasana. Saat penampilan lagu ‘Damai Bersama-Mu’, misalnya. Selain mendengarkan kemerduan, kami diperlihatkan cuplikan bencana alam di Indonesia sejak lalu hingga tahun 2018. Poin penting dari pembawaan arus ini karena kesyahduan  lagu sih, sebenanrya. Pembawaan para penyanyi yang berhasil menghipnotis penonton untuk empati.

Selain itu, aku juga merasa dibawa nostalgia saat lagu ‘Lihatlah Lebih Dekat’, yang menjadi soundrack film Petualangan Sherina. Aku jadi ingat saat SD  yang gak pernah bosen liat keseruan film tersebut. Lagu Lihatlah Lebih Dekat ini menceritakan kesedihan Sherina yang akan pergi ke luar kota meninggalkan banyak kenangan bersama sahabat-sahabatnya.

Kalau yang paling bikin heboh ponoton sih, waktu penampilan lagu ‘Helo Dangdut’. Kebayangkan gimana histerisnya saat menyanyikan lagu dangdut kan? ckckckck.

Nah UINers, kami berkesempatan  bincang-bincang sama Kak Laja Azis Novtian Lubis, atau yang disapa Kak Laja. Semangat performanya membuat hadirin tersihir  saat ia menjadi dirigen.

Bagaimana sih, perasaan Kak Laja setelah sukses pada #konserGen90?

Katanya, perasaan Kak Laja campur aduk, UINers! Kira-kira kenapa, ya? Hehehe

“Konser saat ini kita bawain lagu-lagu baru. Biasanya kita nyanyiin lagu yang sebelumnya pernah kita tampilkan dan aransemen. Kalau ditanya grogi, ada juga groginya jadi aku menanti-nanti penilaian orang bagaimana, nih.”

Tentang tema yang diangkat, Gen’90. Kira-kira, apa ya tujuan mengangkat tema itu?

Nah, awalnya tema yang akan diangkat adalah Generasi 90-an. Seperti yang diceritakan Kak Laja, kalau generasi 90-an itu terlalu sempit dengan lagu-lagu yang di tahun 90-an aja. “Akhirnya kita menggunakan gen karena di sains adalah unit pewarisan sifat. Jadi, kita ingin merayakan kekhasan kaum milenial untuk menyambut milenuim baru perantara antara tahun 90-an sampai 2000-an awal,” kata Kak Laja, sarjana Komunikasi Islam.

Apa sih, keunikan #konserGen90 dari konser-konser lainnya?

Keunikan paduan suara ini ingin mengajak penonton untuk merasakan dan terlibat atau terbawa dengan lagunya. Jadi, Kak Laja dan temam-teman PSM ingin mengajak penonton untuk nyanyi bareng, gak hanya seperti konser paduan suara lain yang hanya membiarkan hadirin nonton.

Kak Laja sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat mensuskseskan #konserGen90. Terakhir, sebagai alumni PSM, ia berikan nasihat kepada seluruh anggota UKM PSM. “Jangan bosan berlatih, jangan merasa puas. Karena dengan merasa puas, kita akan berhenti. Yang pasti tetap kompak, jaga kekeluargaannya, tetap nyaman di PSM dan perbanyak berkarya.”

Terakhir, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada UKM PSM yang telah mengundang kami. Semoga tahun depan ngundang lagi ya, di konser tahunannya hehehehe. #konserGen90 keren banget! Terus berkarya dan mengharumkan UIN Jakarta, ya! ^_^

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top