banner ad Startup UIN

Manjiw! 13 Mahasiswa UIN Jakarta Lakukan Aksi Kebaikan Pungut Sampah Puntung Rokok.

Asssalamualalikum, UINers! Pernahkah kamu memperhatikan di sekelilingmu, banyak sampah puntung rokok terserak? Sedih banget ya, lingkungan jadi kotor gara-gara sampah puntung rokok yang dibuang sembarangan. Namun, ternyata masih ada teman-teman yang memiliki kepedulian akan hal ini, lho!

 

Manjiw! 11 Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Aksi Kebaikan untuk Pungut Sampah Puntung Rokok. 09

 

Jumat, 5 Oktober 2018, 13 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari 5 fakultas melakukan sebuah aksi yang disebut “Aksi Kebaikan.” Dalam Aksi Kebaikan ini, teman-teman berkeliling di beberapa lokasi di kampus UIN Jakarta untuk memungut sampah puntung rokok dan sampah bungkus rokok.

Teman-teman ini berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, serta Fakultas Dirasat Islamiyah. Wah, kok bisa ya dari berbagai fakultas gitu bekerja sama untuk melakukan Aksi Kebaikan ini?

 

Manjiw! 11 Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Aksi Kebaikan untuk Pungut Sampah Puntung Rokok. 07

 

Supaya tahu lebih banyak, kita berkesempatan untuk ngobrol langsung sama koordinatornya, nih! Sarah Muthi’ah Widad namanya. Doi saat ini merupakan mahasiswa semester 7 Pendidikan Kimia.

“Niat untuk melakukan kegiatan ini pertama kali aku sampaikan di forum Konsolidasi Akbar LDK Syahid. Ketika itu, Ketua LDK Syahid menyetujui niat baik ini. Kemudian berkumpullah teman-teman yang terjun langsung sebanyak 13 orang dari 5 fakultas,” ungkap Sarah. Wah, ternyata begitu ceritanya kenapa bisa dari berbagai fakultas, ya.

 

Manjiw! 11 Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Aksi Kebaikan untuk Pungut Sampah Puntung Rokok. 08

 

Sarah kemudian cerita bahwa kegiatan ini terinspirasi dari viralnya aksi yang dilakukan oleh Muhammad Tomi Ibnu Mas’ud yang memungut sampah puntung rokok dalam perhelatan Asian Games 2018. Tomi melakukan aksinya ini di area Asian Fest di kawasan Gelora Bung Karno.

“Setelah aku melihat berita tentang Tomi, aku bersaksi bahwa aksi sederhana seperti yang Tomi lakukan merupakan aksi nyata yang dapat dilakukan dengan mudah oleh orang-orang yang peduli terhadap lingkungan yang bebas rokok. Sederhana, namun memberikan kesan yang luar biasa,” ujar mojang asal Bogor ini.

 

Nah, karena Sarah merupakan mahasiswa UIN Jakarta, maka ia merasa harus memulai untuk melakukan hal yang sama dari kampus sendiri. Menurutnya, di kampus UIN Jakarta belum terlihat secara nyata orang-orang yang peduli untuk mewujudkan Kampus Tanpa Rokok.

“Khususnya di Kampus 1, ya. Padahal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012, Peraturan Daerah Kota Tangerang Selatan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok, dan Kode Etik Mahasiswa dan Dosen,” tegas Sarah.

 

Manjiw! 11 Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Aksi Kebaikan untuk Pungut Sampah Puntung Rokok. 05

 

Ia juga mencontohkan bahwa di beberapa fakultas di UIN Jakarta sudah terpasang himbauan untuk tidak merokok di area kampus. Namun pengawasan terhadap regulasi Kawasan Tanpa Rokok ini masih kurang.

FYI, dua fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Kedokteran di UIN Jakarta bahkan sudah memiliki SK Dekan tersendiri untuk Kawasan Tanpa Rokok, lho. Mahasiswanya juga melakukan deklarasi Kawasan Tanpa Rokok secara terbuka, bahkan disosialisasikan saat kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan bagi mahasiswa baru.

 

Manjiw! 11 Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Aksi Kebaikan untuk Pungut Sampah Puntung Rokok. 06

 

Persiapan untuk melakukan Aksi Kebaikan ini juga tidak sembarangan. Sarah mengajak teman-temannya di LDK Syahid sejak bulan September. Ia juga berkoordinasi dan berkonsultasi dengan teman-teman dari Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan. Sampai akhirnya, 5 Oktober 2018 menjadi tanggal yang dipilih untuk melakukan Aksi Kebaikan di kampus UIN Jakarta. Bahkan selain dari LDK Syahid, ada beberapa teman-teman dari Islamic Otaku Community yang juga ikutan aksi, lho.

Oiya, untuk Aksi Kebaikan kali ini, baru terlaksana di beberapa titik saja, yaitu taman dekat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, lapangan Student Center, taman dekat Aula Student Center, lobi Fakultas Syariah dan Hukum, dan area sekitar Pusat Perpustakaan. Tentu hal itu disebabkan keterbatasan personil dan waktu ya, UINers. Kapan-kapan kita harus bantuin nih!

Disampaikan oleh Sarah, puntung rokok yang terkumpul menjadi bahan edukasi bahwa ternyata kampus UIN Jakarta itu masih kotor disebabkan sampah tersebut. “Kampus butuh orang-orang seperti teman-teman yang ikut Aksi Kebaikan ini, mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kepedulian. Semoga semangat menjalankan Aksi Kebaikan tidak berhenti hanya sampai di sini,” harapnya.

 

Manjiw! 11 Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Aksi Kebaikan untuk Pungut Sampah Puntung Rokok. 02

 

Salah satu peserta Aksi Kebaikan dari Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Budi Santoso, juga mengungkapakan bahwa isu ini merupakan hal yang penting. Karena menurutnya, instansi pendidikan memilki standar tertentu, salah satunya adalah terbebas dari rokok.

“Harapan saya, semoga seluruh teman-teman bisa sadar untuk menjaga kesehatan dengan tidak merokok. Dan bagi yang tidak merokok juga harus terbebas dari paparan asap rokok orang lain. Lingkungan yang bersih itu salah satunya adalah lingkungan yang bebas dari rokok. Buat teman-teman yang memiliki kepedulian yang sama, yuk ikut bersama kami!” ajak Budi.

 

Manjiw! 11 Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Aksi Kebaikan untuk Pungut Sampah Puntung Rokok. 01

 

Sarah pun menyatakan bahwa tentu tujuan Aksi Kebaikan ini belum tercapai sepenuhnya. “Karena kami menginginkan kampus UIN Jakarta yang terbebas dari rokok. Kami pun belum bisa membersihkan seluruh area kampus,” ujarnya.

Bagi Sarah, terciptanya Kampus Tanpa Rokok harus dimulai dengan kesadaran diri dari tiap-tiap mahasiswa. “Kita harus menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan kampus. Minimal menjadi pengawas dan penegak peraturan yang sudah ada tentang Kawasan Tanpa Rokok,” tegas Sarah.

So, UINers. Yuk sama-sama memiliki kepedulian untuk mewujudkan Kampus Tanpa Rokok dan ikuti Aksi Kebaikan selanjutnya, ya!

Tags: , , , ,

About the Author

Tentang azfiz:
バグジャー ⭐ ヌグラーハー || Selalu CERIA dan Penuh SEMANGAT! • Sobat Pena Al Qolam • Voluteer No Tobacco Community • Pembaharu Muda Gerakan Muda FCTC

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top