banner ad Startup UIN

RANITA UIN Jakarta Delegasikan Relawan ke Palu dan Donggala Sulawesi Tengah

Yang nulis on di News, Pojok UKM & Organisasi, Sosial, UIN Jakarta | Okt 6, 2018 | 0 Komentar

Enam hari pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, data jumlah korban, kerugian dan kerusakan semakin bertambah.

Berdasarkan informasi BNPB, jumlah korban meninggal tercatat sebanyak 1.407 jiwa, korban luka berat sebanyak 2.549 jiwa, korban hilang sebanyak 113 jiwa, korban tertimbun sebanyak 152 jiwa, penyintas sebanyak 70.821 jiwa dan sebanyak 65.733 unit rumah yang mengalami kerusakan.

Adapun kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi ialah BBM, makanan, air, rumah sakit lapangan, tenda pengungisan, terpal, selimut, veltbed, alat penerangan, genset, perlengkapan sekolah, pakain, alat makan, alat mandi, perlengkapan sholat, dan kantung mayat. (sumber: BNPB)

Dalam merespon bencana ini UIN Jakarta memandatkan UKM KMPLHK RANITA untuk menghimpun dana dari lembaga internal kampus sekaligus menjadi delegasi kampus untuk menjadi relawan di lokasi terdampak.

 

RANITA UIN Jakarta Delegasikan Relawan ke Palu

 

RANITA pun mendirikan posko sebagai pusat informasi dan  bekerjasama dengan beberapa lembaga kemahasiswaan untuk menggalang donasi. Total donasi yang telah terkumpul dari tanggal 30 September sampai dengan tanggal 04 Oktober sejumlah Rp 27.305.200.

Donasi tersebut telah dibelanjakan untuk bantuan senilai 10.185.700. Saldo  akhir dari donasi adalah 17.119.500.

 

RANITA UIN Jakarta Delegasikan Relawan ke Palu

 

Adapun bantuan logistiknya adalah terpal ukuran 6×8 meter sebanyak 5 buah, popok bayi sebanyak 12 box, pembalut sebanyak 12 box, sarden sebanyak 24 buah, abon sebanyak 10 buah, biskuit sebanyak 12 buah, dan makanan bayi sebanyak 24 buah.

Selain itu RANITA juga menyalurkan bantuan dari KBRD (Keluarga Besar Rakyat Demokratik) yang memberikan popok bayi sebanyak 6 box, breast holder wanita 1 box, baju wanita 1 box, pembalut wanita 3 box, dan dalaman pria 1 box.

 

RANITA UIN Jakarta Delegasikan Relawan ke Palu 05

 

UKM KMPLHK RANITA mendelegasikan 4 relawan, yaitu Lien Sururoh dari Jurusan Kimia yang memiliki keahlian dalam bidang manajemen posko, serta Risma Tri Yurita dari Jurusan Kesejahteraan Sosial yang memiliki keahlian dalam bidang psikososial.

Kemudian ada Abdurrahman Heriza dari Jurusan Sejarah Peradaban Islam dan Iqbal Ramadhan dari Jurusan Kesehatan Masyarakat yang keduanya memiliki keahlian dalam bidang evakuasi. Upacara Pelepasan dilaksanakan pada 3 Oktober 2018 dan dihadiri oleh Prof. Dr. H. Yusron Razak, M.A selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

 

RANITA UIN Jakarta Delegasikan Relawan ke Palu 01

 

Relawan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pada 4 Oktober 2018 menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sesampai di Makassar, tim melakukan pengarahan kegiatan dan melakukan koordinasi pemberangkatan menuju daerah terdampak dengan menggunakan pesawat Hercules.

 

RANITA UIN Jakarta Delegasikan Relawan ke Palu 04

 

Selanjutnya, tim dari KMPLHK RANITA mendaftarkan diri sebagai relawan, melakukan assessment di posko pusat dan kelurahan Silae, kecamatan Ulujadi, Palu, serta melakukan pendekatan dengan masyarakat, mengirim bantuan, serta melakukan advokasi batuan.

Tim dibagi menjadi dua yaitu: Risma Tri Yurita dan Lien Sururoh akan melaksanan assessment sedangkan Abdurrahman Heriza dan Iqbal Ramadhan akan mendistibusikan bantan logistik dan melakukan pendekatan kepada masyarakat.

 

RANITA UIN Jakarta Delegasikan Relawan ke Palu 07

 

Buat teman-teman yang ingin menyalurkan donasinya melalui UKM KMPLHK RANITA, bisa mengirimkan lewat rekening BNI nomor 0733 1033 99 atas nama KMPLHK RANITA UIN JAKARTA. Hubungi Dewita Alifah Firyal di nomor 0856 9850 850 untuk konfirmasinya.

Jangan lupa ikutin media sosial RANITA di Instagram @ranita_uin atau Twitter @ranita_uin juga untuk update selalu kegiatan teman-teman RANITA di Palu, ya!

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top