banner ad Startup UIN

Cerita Keseruan Program Inkubasi #KitaMulaiSekarang

Yang nulis on di Artikel, Event External Kampus | Des 17, 2018 | 0 Komentar

Hai, hai kembali lagi di cerita aku ya hehehe. Kali ini aku mau ceritain pengalaman aku mengikuti #KitaMulaiSekarang Campaign Incubation Program yang diselenggarakan oleh Yayasan Pulih, Aliansi Laki-laki Baru, Investing in Women, dan Campaign ID pada Sabtu dan Ahad, 15 dan 16 Desember 2018 di Campaign #ForChangeID Hub.

Kira-kira aku ngapain aja ya, di sana? Wah, banyak dan pastinya seru banget, UINers hehehe. Aku dan 29 teman lainnya belajar mengenai isu kesetaraan gender yang disampaikan oleh Yayasan Pulih. Isu ini tidak hanya sebatas mengupas isu gender saja, namun juga mengenai pembagian tugas domestik antara laki-laki dan perempuan yang akan aku paparkan sedikit materi #KitaMulaiSekarang di postingan selanjutnya.

Selain materi tentang isu kesetaraan gender, aku juga belajar mengenai community development, social media, content writing, sampai belajar membuat kampanye yang keren banget!

Hah? Kampanye?

Iya, Kampanye. Tapi, ini bukan kampanye politik! Wkwkwkwkwk

Aku seneng banget pastinya bisa jadi bagian inkubasi ini. Selain mendapatkan teman-teman dari berbagai latar belakang, fasilitator yang kece-kece dari Campaign ID terutama Kak Aziz (uwoow). Aku mengikuti program inkubasi yang konsepnya super seru, keren abis, dan gak ngebosenin karena dikemas untuk aktif dan saling kerja sama antar peserta gitu, deh. Aku sih, merasa setiap orang itu diberikan kesempatan yang sama untuk belajar. Senengnya juga ditambah cofee break yang bikin nagih kayak donat dan rujak cireng hehehehe.

Aku selalu tertarik dengan materi social media dan content writing, sih. Soalnya untuk menjadi influencer itu harus bisa bikin konten visual yang menarik. Ya gak sih, UINers? Kita bisa publikasi konten-konten positif di sosial media tapi gak asal-asalan, sebisa mungkin kreatif dan tentunya dimengerti dengan mudah. Materi ini disampaikan langsung oleh Kakak Fasilitator Campaign ID.

Oiya, aku pikir program inkubasi ini hanya sekedar workshop saja, lho. Tapi, ternyata semua peserta disiapkan untuk menjadi agen kampanye #KitaMulaiSekarang karena ilmu yang kami dapatkan dua hari tidak boleh berhenti di diri sendiri aja. Kami dibentuk menjadi beberapa kelompok untuk merumuskan kampanye yang akan kami lakukan selama tiga bulan ke depan. Nah, insight mengenai social media dan content writing ini lah yang menjadi bekal untuk membuat kampanye online.

Alhamdulillah, di akhir acara kami diwisuda sebagai Ambassador #KitaMulaiSekarang oleh Yayasan Pulih. Ternyata aku bisa wisuda sebelum 2019 ya Allah hehehe.

Sedikit bocoran, ya. Kelompok aku melakukan kampanye dengan menggaungkan #BerbagiPeranYuk. In Syaa Allah akan dimulai pada awal Januari. Teman-teman bisa bantu aku untuk melakukan kampanye ini yang sebelumnya akan aku mulai di akun IG aku, ya @sarahmotiva. Aku berharap teman-teman dapat ikut serta   dan ajak sebanyak-banyaknya teman, sahabat, dan orang terkasih untuk sama-sama belajar di #BerbagiPeranYuk dengan follow akun IG @berbagiperan.

Yuk #KitaMulaiSekrang gak lagi saling mengandalkan cowok atau cowok nunggu cewek peka buat melakukan sesuatu hehehe. Dan tentunya, kesetaraan gender itu sederhana untuk kita pahami, UINers. Sampai jumpa! ^_^

 

Tags: , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top