banner ad Startup UIN

Aksi Galang Dana Selat Sunda, Mahasiswa Bersatu Bantu Korban Bencana

Yang nulis on di Artikel, Event Internal Kampus | Des 27, 2018 | 0 Komentar

Alhamdulillah, UINers! Pada Rabu, 26 Desember 2018 telah terselenggara Galang Dana Korban Tsunami Selat Sunda di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Penggalangan dana ini dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus Syahid (LDK Syahid) bekerja sama dengan Beastudi Etos Syahid, Dompet Dhuafa, Gerakan Ayo Mengajar, Himpunan Mahasiswa Banten, dan Forum Indoensia Muda Tangerang.

Diawali dengan long march, peserta aksi galang dana membawa kotak donasi yang berakhir di depan gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dilanjutkan dengan orasi dan penampilan teatrikal yang dipersembahkan oleh Beastudi Etos Syahid.

Masing-masing perwakilan organisasi dan komunitas yang bergabung dalam aksi menyampaikan ajakan untuk peduli  bencana alam yang terjadi di Selat Sunda, khususnya Banten yang sangat dekat dengan keberadaan UIN Jakarta.

Dilanjutkan dengan teatrikal menceritakan bagaimana ketakutan warga setempat yang melihat air sangat cepat  meluluh lantahkan rumah dan merenggut nyawa manusia. Mereka yang kekurangan asupan makanan, rumah hancur tak tersisa, dan melihat jasad keluarga dengan mata kepalanya sendiri. Bagaimana tidak memilukan hati mereka, bukan? Kemudian datang lah bantuan logistik yang  meringankan kebutuhan korban pengungsian. Namun, luka dan trauma tidak mudah untuk disembuhkan.

Rizki Irwansyah, salah satu Mahasiswa UIN Jakarta yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Banten. Seperti yang diungkapkannya, Kecamatan Pagelaran di mana lokasi rumah keluarganya berada Alhamdulillah berada 10 kilometer dari lokasi bencana.  Tetapi, ia sangat khawatir dengan kondisi keluarga besar dan teman-temannya yang berada dekat lokasi tsunami.

“Saya sebagai mahasiswa Banten mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang teman-teman berikan untuk saudara-saudara korban bencana,” tutur Rizki. Ia pun berharap agar bencana tidak kembali datang dan saudara-saudara korban bencana tsunami khususnya yang berada di Banten bisa melalui trauma atas apa yang menimpa mereka.

Kemudian Abdussomad, Ketua LDK Syahid menyampaikan syukur kepada Allah karena memberikan kesempatan kepada kita menjadi mahasiswa yang memiliki peran iron stock. Aksi galang dana yang dilakukan saat itu adalah salah satu bukti rasa syukur yang bisa kita lakukan.

“Saya berharap mahasiswa mampu menjadi harapan bangsa, yaitu mereka yang peduli  sosial dan peka terhadap isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan publik. Kemarin, menjadi catatan sejarah di mana mahasiswa bersatu untuk membangun citra positif, bergerak dengan cepat dan tepat untuk kepentingan saudara-saudara yang terkena musibah.”

Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh organisasi dan komunitas yang tergabung dalam penggalangan dana. “Semoga donasi yang berhasil dikumpulkan bisa tersalurkan dengan baik,” ujar Abdussomad.

Alhamdulillah, dana yang terkumpul sebesar Rp 6.217.200. Semoga, Allah balas uluran tangan kita dengan pahala berlipat ganda, ya. Aamiin. Aksi Galang Dana ini ditutup dengan doa bersama untuk keselamatan korban bencana.

Tags: , , ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top