banner ad Startup UIN

Serunya Mahasiswa UIN Jakarta Ikuti Pelatihan Pionir Muda 2018

Hai UINers! Kali ini, ada cerita kece dari Siska Putri Utami. Biasa dipanggil Icha, mahasiswi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini berkesempatan menjadi peserta dalam pelatihan Pionir Muda 2018 loh.

Apa itu Pionir Muda? Pionir Muda adalah program yang diinisiasi oleh Maxima, institusi yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan organisasi, untuk mencari dan mengembangkan bibit-bibit kepemimpinan pada mahasiswa baru. Program ini bertujuan untuk mencari dan mengembangkan bibit-bibit kepemimpinanan mahasiwa baru, juga manusia yang mampu mengenali potensi diri dan bergerak menuju arah positif, konstributif, serta prestatif.

 

UIN Jakarta Pionir Muda 03

 

Tahun 2018, Pionir Muda akan diselenggarakan di 4 Universitas dan 3 politeknik: Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta), Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Media Kreatif (Polimedia), dan Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (Poltek APP) .

Ada 53 mahasiswa baru dari 7 yang terpilih untuk mengikuti Pionir Muda 2018. Begitu pun Icha dan ke-13 mahasiswa UIN Jakarta lainnya. UINers yang berasal dari Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi; Fakultas Syariah dan Hukum; Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah melewati serangkaian seleksi ketat seperti: seleksi berkas, wawancara, dan kursus online.

 

UIN Jakarta Pionir Muda 04

 

Pionir Muda 2018 diselenggarakan pada tanggal 22-23 Desember 2018 lalu di Villa Istana Halimun, Gunung Bunder, Bogor. Di sana, Icha dan teman-teman mendapat berbagai pelatihan, seperti Leadership and Value, Self Management and Life Plan, Critical Thingking and Problem Solving, People Management, Cognitive Flexibility, Public Speaking dan Personal Branding.

Perjalanan Icha dan teman-teman dimulai dari kampus UIN Jakarta menuju titik kumpul di Yellow Corner IPB. Dari sana, setiap peserta hanya diberikan uang 30 ribu sebagai ongkos makan siang dan transportasi menuju tempat pelatihan. Lalu, bagi peserta yang memiliki uang sisa terbanyak, mendapatkan reward dari panitia. Selama perjalanan menuju tempat pelatihan, peserta harus melakukan social project, misalnya memberi makan kepada orang yang membutuhkan. Kemudian kegiatan tersebut harus didokumentasikan dan diunggah ke media sosial.

 

UIN Jakarta Pionir Muda 01

 

Selain itu ada juga sesi renungan. Peserta bangun di sepertiga malam untuk merenungkan kebiasaan buruk apa yang harus ditinggalkan dan bagaimana cara mewujudkan Life Plan yang telah dibuat sebelumnya. Peserta diberi tiga buah kartu. Kartu Merah yang diisi dengan kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan, Kartu Kuning yang diisi dengan kebiasaan baik yang sudah dilakukan namun harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya, serta Kartu Hijau untuk kebiasaan baik yang belum pernah dilakukan dan akan dilakukan.

Nah, yang kece nih UINers, Icha dinobatkan sebagai Queen of Leadership Camp Pionir Muda 2018 loh! Karena menjadi wanita paling aktif selama kegiatan! Mantap betul yaaa, selamat Icha!!!

 

UIN Jakarta Pionir Muda 08

 

Setelah mengikuti acara Pionir Muda 2018, Icha berharap semoga dirinya mampu meng-upgrade diri, memperluas relasi, mampu menyiapkan diri untuk mengejar impian, mampu mengaplikasikan semua materi yang telah diberikan, membuat kenangan berharga dalam hidup, membagikan pengalaman dan ilmu yang telah didapatkan kepada banyak orang, serta menjadi mahasiswa yang luar biasa, bukan mahasiswa yang biasa saja.

Kita doakan ya, semoga semua harapan Icha dan harapan teman-teman UINers lainnya terwujud! Semangat mewujudkan cita!

Tags: , , ,

About the Author

Tentang Adisti Sesaria:


rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top