banner ad Startup UIN

Cerita Inspiratif Rinaldi Nur Ibrahim Pendiri Youth Ranger

Yang nulis on di Mahasiswa, UIN Jakarta | Apr 11, 2019 | 0 Komentar

Rinaldi Nur Ibrahim, Mahasiswa segudang prestasi mau bagi tips nih, buat UINers seluruh Indonesia!

Kak Rinaldi adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Jakarta yang pernah meraih Mahasiswa Berprestasi 2 di Fakultasnya, lho!

Sebagai pemuda, Kak Rinaldi sangat konsen terhadap kondisi teman teman dan pergaulan saat ini yang relatif lebih bebas. Sehingga, ia dan teman temannya membentuk komunitas Youth Ranger.

“Banyak sekali permasalahan yang terjadi pada pemuda saat ini mulai dari perilaku seks beresiko, penggunaan napza, balapan liar, genk motor, dan masih banyak lagi,” ungkap Kak Rinaldi.

Sehingga Kaka Rinaldi yakin, untuk mencegal hal hal buruk seperti yang disebutkan sebelumnya adalah meningkatkan kemampuan pemuda sesuai denga potensi yang dimiliki.

Nah, prestasi lain yang pernah ia raih adalah penerima Beasiswa KEMENAG RI dan Duta Genre Jakarta Selatan 2018, lho! Keren banget gak sih?

Hingga saat ini Kak Rinaldi masih menjalani amanah sebagai Duta Genre Jakarta Selatan. Menjadi duta Genre sangat berkorelasi dengan isu yang menjadi fokus Kak Rinaldi, yaitu pergaulan remaja dan menjadi jembatan para remaja agar menghindari TRIAD KRR; tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu seks bebas, HIV/AIDS dan Napza. Yang Kak Rinldi lakukan adalah mencadi tempat curhatnya anak baru gedhe gitu, lho hehehe. Asik, banget ya!

Tentunya kita pengen tau donk, motivasi Kak Rinaldi punya banyak prestasi itu apa sih?

Nah, Kak Rinaldi cerita kalau motivasi terbesarnya adalah ibu dan bapaknya. Walaupun kedua orang tuanya hanya lulusan SMA, tapi mereka berharap Kak Rinaldi bisa kuliah dan sukses di masa depan. Itulah alasan Kak Rinaldi selalu bekerja keras menggapai banyak prestasi.

Eh, ngomong-ngomong Kak Rinaldi berasal dari Bone, daerah pedalaman Sulawesi Selatan, UINers. “Saya di besarkan di sana. Saya selalu bercita cita walaupun saya dari pedalaman, tapi saya bisa sukses kelak.”

Eeeiits! Gak cukup ya, cuma bercita cita aja. Pemuda juga harus produktif untuk mempersiapkan masa depan ya, UINers.

Seperti nasihat Kak Rinaldi, bahwa pemuda yang produktif akan merasakan dampak positif di usia tua sebagai hasil produktivitas ketika muda. “Jadi, kalau kita tidak produktif sesegara mungkin berarti kita sendiri tidak mau menjadi orang yang sukses di kemudian hari,” kata Kak Rinaldi.

Udah jadi Mahsiswa Berprestasi, pendiri Youth Ranger, peraih beasiswa, dan Duta Genre tentunya bukan hal mudah donk buat bagi waktu.

Kira-kira gimana sih, cara Kak Rinaldi menyembangkan antara kuliah aktivitas lainnya?

“Untuk bagi waktu kuliah dan kehidupan ekstra kampus dengan membuat timeline kehidupan.”

Jadi, Kak Rinaldi ini punya buku yang ia namai ‘Buku Perencanaan Kehidupan’. Di dalamnya ia tulis agenda harian agar lebih terorganisir. Bisa dicontoh nih sama UINers. Mulai sekarang dicatat agenda hariannya, ya hehehe.

Terakhir, ada pesan nih dari Kak Rinaldi Khusus buat UINers di manapun berada hihihi.

Untuk temen temen uin dimana pun kalian berada,

“Setiap seseorang pasti punya impian. Kalau memang ingin impian itu tercapai kuncinya hanya 1, yaitu rencanakan sedini mungkin. Kemudian berusaha In Syaa Allah, Allah kasih jalan walaupun rintangan akan kita hadapi. Tetap semangat dan terus Fokus!”

Gimana? UINers udah termotivasi kan? Yuk, action!

Tags: ,

About the Author

Tentang sarahmotiva:
(97's girl) Aktivis Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Part of Solidaritas Peduli Jilbab. Volunteer Sekolah Pohon Inspirasi Bogor. Chemistry Education'15. Pecinta Hujan pengagum masa depan #motivawriter #drawriter [Tarbiyah Madah Hayah-Allahu Ghoyatunaa!]

rss feed Facebook Twitter
.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed Connect on Google Plus
Top